Kewirausahaan Digital
Hallo
Sobat dunia kampus , apa kabarnya ni? semoga sehat dan baik terus yaa. Nah disini
saya mau memberitahu sedikit informasi tentang kewirausahaan digital. Simak dan
baca yuk artikel ini dengan salah satu Dosen Universitas Negeri Jakarta yaitu,
Prof. Dr. Dedi Purwana E.S,M.Bus dan ada pula Narasumbernya yang bernama Ir.
IBM Jayamara MM.
Di era revolusi industri 4.0 ini bisa kita lihat, bahwa semakin maju dan berkembangnya teknologi digital dan internet pada dunia. Sehingga kita harus mampu membuka peluang besar untuk mengelola bisnis melalui digital.maka dari itu kita harus menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya walau hanya melalui media sosial sekalipun. Revolusi industri 4.0 dikenal dengan revolusi digital karena terjadi proliferasi komputer dan otomatisasi pencatatan disemua bidang, karena otomatisasi dan konektivitas disebuah bidang akan membuat perubahan secara signifikan di dunia industri dan persaingan kerja menjadi tidak linier. Di Era revolusi industri 4.0 model transportasi konvensional kini beralih kemodel transportasi yang memanfaatkan dengan sistem aplikasi berbasis internet menjadi alat trasportasi yang dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan mobilitas manusia. Jadi, Bagaimana si digital bisnis ditanah air kedepannya?
Dimulai Seperti contoh, PT Indoguna
yang menjual produknya secara online. Bisa aja kita lihat dan ketahuai PT
indoguna sangat berkembang pesat dan cepat karena dipengaruhi beberapa hal
seperti, sasaran yang tepat dari PT.
Indoguna sendiri memanfaatkan teknologi digital bisnis dan diprediksi
kedepannya seperti apa, di PT. Indoguna sebagai distributor pola bisnisnya
adalah memakai ‘ Indoguna Food Supply Chain Management ‘ yang perlu
diperhatikan disini yaitu adanya Distribution Netwotk, Distribution Management,
dan Transformation Management mulai dari gudang sampai ke customer memerlukan
suhu yang baik dan menggunakan teknologi yang cukup handal. PT. Indo mempunyai
prinsip kerja yaitu Food safety, Food Quality, Sustainbility menggunakan
teknologi informasi karena daya saing yang kuat dan PT. Indoguna memiliki
teknologi yang handal untuk mengelola pesanan suplayer tersebut tidak dari
lokal adapun dari luar negri seperti Australia, Amerika, Brazil dan India di
PT. Indoguna memproduksi daging, kentang, dan keju serta masih banyak lagi
untuk menyimpan makanan tersebut harus memiliki Frozen, Chilend, Dry hingga
mensupply ke restoran atau Horekan, Retailer, Pastry dan Distributor.
1.
Keunggulan kompetittif fokus pada kepuasaan pelanggan, contoh jasa potong
daging untuk kebutuhan khusus pelanggan.
2.
Omnichannel
untuk menghubungkan dunia offline ke online, contoh setiap outlet didorong
masuk ke ecommerce dengan standar operasi tertentu.
3.
Bigdata
membuat data warehaouse untuk pengambilan keputusan.
4.
Cybersecurity
melindungi informasi bisnis perusahaan.
5.
Kapabilitas
digital untuk mendukung perusahaan masuk kedunia digital.
PT. Indoguna bekerja sama
dengan Telkom Indonesia, Sophos, Fibernet, Cisco, Dell, Odoo,SAP untuk membantu
ketika sedang ada permasalahan. Dan teknologi digital masa kini yang semakin
canggih menyebabkan terjadinya perubahan besar dunia maka tidak ada pilihan
selain menguasai dan mengendalikan teknologi dengan baik dan benar agar memberi
manfaat yang sebesar besarnya. Kemudahan dalam mendapatkan dan berbagi
informasi dipicu oleh kehadiran internet yag telah mengubah segalanya namun
teknologi digital mendorong berbagai kemajuan dari segi infrastuktur di dalam
internet. Media online internet di era sekarang ini menggeserkan media massa
konvensional walaupun indonesia
terlambat dalam mengadopsi teknologi komunikasi khususnya internet. Kesiapan
indonesia dalam koneksi internet yang saat ini sudah semakin membaik di era 4G
Masyarakat Indonesia secara umum antusias mendigital terutama dipicu oleh
internet dan pengguna ponsel pintar yang terus meningkat setiap tahunnya. Nah
pertanyaan diawal ini kompetensi atau skill apa yang diperlukan pada wairausaha
digital saat ini yang pertama itu ada.
·
PENGUKURAN KINERJA WIRAUSAHA
Pengukuran
kinerja wirausaha juga dibagi mejadi target financial, kepuasaan pelanggan,
proses internal dan belajar berkembang. Untuk saat ini wirausahan digital
memerlukan atau memastikan yang namanya pelanggan karna pentingnya pelanggan
bisa membantu memajukan wirausaha tersebut dan memberikan harga yang menarik,
tidak hanya harga yang menarik produk atau kualitas yang akan dijual harus
memiliki daya tarik pelanggan wirausaha juga harus menggunakan teknologi
internet atau sosial media untuk dijaman yang serba canggih ini dengan adanya
sosial media bisa membantu pecapaian wirausaha tersebut. Dan wirausahapun harus
memiliki persedia yang banyak supaya ketika si pelanggan atau si pembeli produk
tersebut tidak kemungkinan tidak ada barangnya melainkan harus tersedia maka si
wirausaha harus memiliki stok lebih sertakan produk tersebut mempunyai fungsi
yang bagus agar si pembeli tidak kecewa dengan produk yang dijual. Hal yang
sangat penting yang harus dimiliki wirausaha adalah layanan, sebagai seorang
wirausaha jika tidak memiliki layanan yang baik atau bagus kepada pelanggan
bagaimana bisa membuat
pelanggan sendiri membeli atau minat terhadap produk yang dijual maka dari
seorang wirausaha harus mempunyai layanan yang sangat baik untuk pelanggan
misalnya selow respon ketika si pembeli akan memilih produk melalui online atau
sosial media.
Disini
sebagai seorang wirausaha harus memiliki kompetensi, kompetensi disini adanya
- Komunikasi
Sebagai seorang wirausaha
komunikasi saat penting bahkan kewajiban tersendiri dengan komunikasi yang ada
meningkatkan pemasaran produk sehingga dapat membujuk atau merayu si pembeli
agar percaya dan tertarik untuk membeli produk si wirausaha tersebut.
- Finansial
Kecerdasan yang dimiliki
wirausaha sangat penting dalam arti kemampuan seseorang wirausahan dalam
memahami perencanan dan penetapan tata kelola yang ada.
- Merk.
Jika sebuah produk tidak memiliki nama atau merk maka tidak mungkin
dan tidak afdol merk juga bagian penting dalam berwirausaha jika ada merk
semua masyarakat dan pelanggan sekali pun mengetahuai produk tersebut
dengan adanya merk untuk dipakai sebagai identitas suatu perusahaan pada
produk yang dimilikinya dan juga bisa membedakan dengan produk lainnya.
- Marketing
Marketing juga berperan
untuk mempromosikan bisnis dan produk yang dihasilkan bisnis tersebut, baik
berupa barang maupun jasa. Tujuannya adalah agar masyarakat sebagai target
konsumen dari bisnis tersebut dapat mengenal produk tersebut dan meningkatkan
laba bisnis dengan meningkatkan potensi penjualan. Seorang wirausahawan jika
mempunyai produk namun tidak mengetahuai bagaimana cara marketing yang baik dan
benar maka akan percuma saja dan tidak berharga.
- Networking
Sebagai tali silaturahmi
akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan makan tali silaturahmi yang
dibangun akan makin menguatkan pondasi bisnis seorang wirausahawan. Networking
yang solid dapat membuat bisnis menjadi lebih kuat. Karena networking biasanya
terkenal dengan kerja sama yang terjalin. Terutama mencari partner bisnis yang
sama – sama memiliki satu visi dan bisa saling menguntungkan antara satu dan
yang lainnya.
- Desain
Desain produk yang
menarik dan kekinian akan lebih mudah menarik perhatian calon konsumen. Desain
produk yang baik adalah desain produk yang tak hanya bisa memenuhi keinginan
pelanggan, tapi juga mampu menyampaikan pesan kepada pelanggan dengan cara
sederhana dan juga desain bagian yang sangat penting dalam dunia wirausaha.
Karena dengan desain yang menarik maka konsumen akan lebih mudah tertarik dan
akan segera membeli produk tersebut. Desain produk juga harus memiliki bentuk
yang menarik dan estetik karena tak dapat kita pungkiri bahwa produk yang
memiliki kemasan atau bentuk yang baik lebih menarik minat calon konsumen dan
tentunya meningkatkan peluang untuk dibeli.
- Analytics
Membuat keputusan
berdasarkan data karena seorang wirausaha sangat penting untuk menganalisi
usahanya tersebut agar semakin berkembang.
Maka dalam berwirausaha
harus memiliki wawasan yang lebih dalam agar bisa membuat produk yang banyak
diminati bisa menentukan bagaimana cara produksi produk atau merk tersebut dan
menyusun suatu pemasaran produk.
artikel kerenn
BalasHapusBagus bangett
BalasHapusGood job!
BalasHapus