Kewirausahaan Digital

 KEWIRAUSAHAAN DIGITAL

Hallo Sobat dunia kampus , apa kabarnya ni? semoga sehat dan baik terus yaa. Nah disini saya mau memberitahu sedikit informasi tentang kewirausahaan digital. Simak dan baca yuk artikel ini dengan salah satu Dosen Universitas Negeri Jakarta yaitu, Prof. Dr. Dedi Purwana E.S,M.Bus dan ada pula Narasumbernya yang bernama Ir. IBM Jayamara MM.

Di era revolusi industri 4.0 ini bisa kita lihat, bahwa semakin maju dan berkembangnya teknologi digital dan internet pada dunia. Sehingga kita harus mampu membuka peluang besar untuk mengelola bisnis melalui digital.maka dari itu kita harus menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya walau hanya melalui media sosial sekalipun. Revolusi industri 4.0 dikenal dengan revolusi digital karena terjadi proliferasi komputer dan otomatisasi pencatatan disemua bidang, karena otomatisasi dan konektivitas disebuah bidang akan membuat perubahan secara signifikan di dunia industri dan persaingan kerja menjadi tidak linier. Di Era revolusi industri 4.0 model transportasi konvensional kini beralih kemodel transportasi yang memanfaatkan dengan sistem aplikasi berbasis internet menjadi alat trasportasi yang dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan mobilitas manusia. Jadi, Bagaimana si digital bisnis ditanah air kedepannya?                                                                                                                

Dimulai Seperti contoh, PT Indoguna yang menjual produknya secara online. Bisa aja kita lihat dan ketahuai PT indoguna sangat berkembang pesat dan cepat karena dipengaruhi beberapa hal seperti, sasaran yang tepat  dari PT. Indoguna sendiri memanfaatkan teknologi digital bisnis dan diprediksi kedepannya seperti apa, di PT. Indoguna sebagai distributor pola bisnisnya adalah memakai ‘ Indoguna Food Supply Chain Management ‘ yang perlu diperhatikan disini yaitu adanya Distribution Netwotk, Distribution Management, dan Transformation Management mulai dari gudang sampai ke customer memerlukan suhu yang baik dan menggunakan teknologi yang cukup handal. PT. Indo mempunyai prinsip kerja yaitu Food safety, Food Quality, Sustainbility menggunakan teknologi informasi karena daya saing yang kuat dan PT. Indoguna memiliki teknologi yang handal untuk mengelola pesanan suplayer tersebut tidak dari lokal adapun dari luar negri seperti Australia, Amerika, Brazil dan India di PT. Indoguna memproduksi daging, kentang, dan keju serta masih banyak lagi untuk menyimpan makanan tersebut harus memiliki Frozen, Chilend, Dry hingga mensupply ke restoran atau Horekan, Retailer, Pastry dan Distributor.

1.    Keunggulan kompetittif fokus pada kepuasaan pelanggan, contoh jasa potong daging untuk kebutuhan khusus pelanggan.

2.    Omnichannel untuk menghubungkan dunia offline ke online, contoh setiap outlet didorong masuk ke ecommerce dengan standar operasi tertentu.

3.    Bigdata membuat data warehaouse untuk pengambilan keputusan.

4.    Cybersecurity melindungi informasi bisnis perusahaan.

5.    Kapabilitas digital untuk mendukung perusahaan masuk kedunia digital.

PT. Indoguna bekerja sama dengan Telkom Indonesia, Sophos, Fibernet, Cisco, Dell, Odoo,SAP untuk membantu ketika sedang ada permasalahan. Dan teknologi digital masa kini yang semakin canggih menyebabkan terjadinya perubahan besar dunia maka tidak ada pilihan selain menguasai dan mengendalikan teknologi dengan baik dan benar agar memberi manfaat yang sebesar besarnya. Kemudahan dalam mendapatkan dan berbagi informasi dipicu oleh kehadiran internet yag telah mengubah segalanya namun teknologi digital mendorong berbagai kemajuan dari segi infrastuktur di dalam internet. Media online internet di era sekarang ini menggeserkan media massa konvensional  walaupun indonesia terlambat dalam mengadopsi teknologi komunikasi khususnya internet. Kesiapan indonesia dalam koneksi internet yang saat ini sudah semakin membaik di era 4G Masyarakat Indonesia secara umum antusias mendigital terutama dipicu oleh internet dan pengguna ponsel pintar yang terus meningkat setiap tahunnya. Nah pertanyaan diawal ini kompetensi atau skill apa yang diperlukan pada wairausaha digital saat ini yang pertama itu ada.

·         PENGUKURAN KINERJA WIRAUSAHA

Pengukuran kinerja wirausaha juga dibagi mejadi target financial, kepuasaan pelanggan, proses internal dan belajar berkembang. Untuk saat ini wirausahan digital memerlukan atau memastikan yang namanya pelanggan karna pentingnya pelanggan bisa membantu memajukan wirausaha tersebut dan memberikan harga yang menarik, tidak hanya harga yang menarik produk atau kualitas yang akan dijual harus memiliki daya tarik pelanggan wirausaha juga harus menggunakan teknologi internet atau sosial media untuk dijaman yang serba canggih ini dengan adanya sosial media bisa membantu pecapaian wirausaha tersebut. Dan wirausahapun harus memiliki persedia yang banyak supaya ketika si pelanggan atau si pembeli produk tersebut tidak kemungkinan tidak ada barangnya melainkan harus tersedia maka si wirausaha harus memiliki stok lebih sertakan produk tersebut mempunyai fungsi yang bagus agar si pembeli tidak kecewa dengan produk yang dijual. Hal yang sangat penting yang harus dimiliki wirausaha adalah layanan, sebagai seorang wirausaha jika tidak memiliki layanan yang baik atau bagus kepada pelanggan bagaimana bisa membuat pelanggan sendiri membeli atau minat terhadap produk yang dijual maka dari seorang wirausaha harus mempunyai layanan yang sangat baik untuk pelanggan misalnya selow respon ketika si pembeli akan memilih produk melalui online atau sosial media.

Disini sebagai seorang wirausaha harus memiliki kompetensi, kompetensi disini adanya

  1. Komunikasi

Sebagai seorang wirausaha komunikasi saat penting bahkan kewajiban tersendiri dengan komunikasi yang ada meningkatkan pemasaran produk sehingga dapat membujuk atau merayu si pembeli agar percaya dan tertarik untuk membeli produk si wirausaha tersebut.

  1. Finansial

Kecerdasan yang dimiliki wirausaha sangat penting dalam arti kemampuan seseorang wirausahan dalam memahami perencanan dan penetapan tata kelola yang ada.

  1. Merk.                                                                                                                                                                          Jika sebuah produk tidak memiliki nama atau merk maka tidak mungkin dan tidak afdol merk juga bagian penting dalam berwirausaha jika ada merk semua masyarakat dan pelanggan sekali pun mengetahuai produk tersebut dengan adanya merk untuk dipakai sebagai identitas suatu perusahaan pada produk yang dimilikinya dan juga bisa membedakan dengan produk lainnya.
  2. Marketing

Marketing juga berperan untuk mempromosikan bisnis dan produk yang dihasilkan bisnis tersebut, baik berupa barang maupun jasa. Tujuannya adalah agar masyarakat sebagai target konsumen dari bisnis tersebut dapat mengenal produk tersebut dan meningkatkan laba bisnis dengan meningkatkan potensi penjualan. Seorang wirausahawan jika mempunyai produk namun tidak mengetahuai bagaimana cara marketing yang baik dan benar maka akan percuma saja dan tidak berharga.

  1. Networking

Sebagai tali silaturahmi akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan makan tali silaturahmi yang dibangun akan makin menguatkan pondasi bisnis seorang wirausahawan. Networking yang solid dapat membuat bisnis menjadi lebih kuat. Karena networking biasanya terkenal dengan kerja sama yang terjalin. Terutama mencari partner bisnis yang sama – sama memiliki satu visi dan bisa saling menguntungkan antara satu dan yang lainnya.

  1. Desain

Desain produk yang menarik dan kekinian akan lebih mudah menarik perhatian calon konsumen. Desain produk yang baik adalah desain produk yang tak hanya bisa memenuhi keinginan pelanggan, tapi juga mampu menyampaikan pesan kepada pelanggan dengan cara sederhana dan juga desain bagian yang sangat penting dalam dunia wirausaha. Karena dengan desain yang menarik maka konsumen akan lebih mudah tertarik dan akan segera membeli produk tersebut. Desain produk juga harus memiliki bentuk yang menarik dan estetik karena tak dapat kita pungkiri bahwa produk yang memiliki kemasan atau bentuk yang baik lebih menarik minat calon konsumen dan tentunya meningkatkan peluang untuk dibeli.

  1. Analytics

Membuat keputusan berdasarkan data karena seorang wirausaha sangat penting untuk menganalisi usahanya tersebut agar semakin berkembang.

Maka dalam berwirausaha harus memiliki wawasan yang lebih dalam agar bisa membuat produk yang banyak diminati bisa menentukan bagaimana cara produksi produk atau merk tersebut dan menyusun suatu pemasaran produk.

 

 Oleh : Syifa Oktavia


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIGITAL MARKETING

" Thrifting shop "