DIGITAL MARKETING
Hallo sobat dunia kampus semoga kabar kalian semua sehat-sehat terus ya ohiya disini saya akan memberitahu dan sedikit menjelaskan mengenai " Digital Marketing " yuk simak dan baca baik-baik.
Terima kasih semuanya✌.
DIGITAL MARKETING
Pertama-tama disini akan menjelaskan perihal mengenai “ Digital Entrepreneurship ” nah apa sih yang dimaksud dengan Digital Entrepreneurship itu sendiri? Menurut kutipan dari Jean Claude Juncker‘ The internet and digital technologies are transforming our world digital technology has to be our future “ internet dan teknologi memang mengubah dunia dan pola pikir kita pada masa yang akan datang karna dengan adanya internet dan teknologi semuanya bisa berjalan semaksimal mungkin dengan kekuatan teknologi itu sendiri serta teknologi digital juga bisa membuat masa depan kita lebih maju karna adanya inovasi-inovasi baru. Jadi maksud dari Digital Entrepreneurship yaitu aktivitas berbisnis yang memiliki sifat kreatif, inovatif, keberanian, dan mampu bertahan dalam tantangan bisnis yang akan datang. Ada juga pengertian secara umum yaitu, proses kegiatan kreativitas dan inovasi yang didalamnya bisa menciptakan perubahan serta juga memanfaatkan peluang dari sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain serta memenangkan persaingan pada era global saat ini. Selain itu, Entrepreneurship ini dapat melihat peluang yang tepat serta mewujudkannya, biasanya seorang Entrepreneur memiliki jiwa Entrepreneurship, yaitu selalu bekerja keras, tidak mudah menyerah, dan menjunjung tinggi nilai kejujuran. Pada jaman yang semakin pesat ini kita sebagai anak muda dikalangan remaja baru harus bisa menggunakan teknologi sebaik mungkin sebagai mana di era ini banyak sekali peluang untuk berbisnis dengan teknologi yang ada salah sa atunya dengan Digital Entrepreneurship tersebut. Awal mula proses yang banyak dijalankan Digital Entrepreneurship yaitu dengan banyaknya pengguna internet dan media sosial yang tersedia seperti youtube, whatsapp, instagram,twitter dan facebook dll sehingga banyaknya pengguna teknologi smartphone dan teknologi lainnya menggunakan hal tersebut sebagai wadah ia berbisnis dalam menjalankan kewirausahaannya.
Adapun beberapa data pada tahun 2019 tepatnya pada bulan januari terlihat sudah pada tahun itu total populasi di Indonesia 268.2 sementara pada tahun 2019 itu sendiri jumlah penduduk indonesia adalah 270,6 juta dan sebagian diantaranya sudah mengakses ataupun menetalisir penggunaan internet sebanyak 150.0 juta serta aktif bahwa dari 150.0 juta orang yang mengakses internet diantaranya menggunakan mobile social media users sebanyak 130.0 juta. Jadi hampir 80% banyaknya yang mengakses internet itu dengan menggunakan smartphone yang artinya dalam keseluruhan tersebut banyaknya orang yang menggunakan media sosial untuk ia pakai dalam tempat strategi pemasarannya melalui internet dan media sosial yang dipakai, melalui smartphone tersebut karna mengingat banyaknya konsumen yang menggunkan smartphone pasti sudah mengerti dengan adanya media sosial maka dari itu pentingnya pengguna internet pada era global saat ini dan seterusnya. Dan ada pula data pada tahun 2020 tepatnya bulan januari juga satu tahun setelah data dari 2019, januari 2020 terlihat pada saat itu ada penambahan 1.1% populasi yang sebelumnya di tahun 2019 268.2 juta sehingga penambahan 2.9 juta pendudukan Indonesia kemudian penumbuhan pengguna mobile phone atau smartphone meningkat sebanyak 4.6% jadi lebih cepat pertumbuhan mobile phone dari pada pertumbuhan populasi, dan ada juga peningkatan mengakses internet pada tahun 2020 yaitu sekitar 17% dalam satu tahun belakangan tersebut serta ada juga penumbuhan media sosial menambah menjadi 8.1% atau sebanyak +12 juta orang yang semakin banyak menggunakan media sosial per-tahunnya. Dengan adanya peningkatan tersebut perlu diketahuai sisi positifnya sebagai Entrepreneur sebagai peluang yang ada serta mempertimbangkan media digital sebagian dari strategi pemasaran yang angka kenaikannya semakin naik disetiap tahunnya.
Bisa dilihat juga average daily time spent using the
internet via any device rata-rata orang yang ada di Indonesia menghabiskan atau
menggunaan gadget/smartphone dalam mengakses internet tersebut kurang lebih
yaitu 8 setengah jam dalam per-hari sehingga setengah hari kebanyakan orang menghabiskan
waktunya dengan internet dan gadget itupun data yang terlihat pada 2019 mungkin
di tahun 2021 semakin meningkat dalam penggunaanya ditambah semua orang 1 tahun
kemarin tepatnya 2020 dengan adanya virus covid-19 menghentikan aktivitas yang
sudah ada sebelumnya sehingga dengan adanya kondisi tersebut makin bertambah
pesat peningkatan internet yang ada dan semakin banyaknya waktu yang dihabiskan
dalam menggunakan internet maka dari itu disimpulkan internet sudah sebagian
besar sudah mejadi kebutuhan utama bagi kehidupan dalam sehari-hari dalam
melakukan aktivitas lainnya.Dari kutipan media sosial yang banyak digunakan, apa
aja si yang ada didalam gadget/smartphone dari masing-masing pengguna media
sosial tersebut? telah di data banyaknya yang digemari dari sebagian banyak
aplikasi digital lainnya sebagian besar yaitu youtube, whatsapp, instagram, dan
facebook dengan 4 media sosial tersebut aktif dalam strategi pemasaran yang
baik dan pesat dalam penggunaanya karna kebanyakan orang sering meggunakan media
tersebut di kesehariannya.
Dalam Digital Marketing membuat suatu produk kita lebih dikenal
oleh sebagian banyaknya orang dan mampu berdaya saing. Adapun konsep dari Digital
Marketing itu sendiri yaitu SOSTAC Marketing yang masing-masing ada arti dan tujuannya
tersendiri.
1. Situation
analysis ( analisis situasi)
Bertujuan untuk menganalisa situasi dari
proses pemasaran yang sedang berjalan pada suatu bisnis ataupun perusahaan.
Pada tahap pertama ini bisnis yang sedang dijalankan ataupun suatu perusahaan
berperan penting dalam mengumpulkan berbagai informasi dan data-data yang
dibutuhkan mengenai keadaan internal dan eksternal sehingga tahu kondisi pasar
sesungguhnya (market place). Untuk mencapai hal ini, dapat
menggunakan metode berikut ini untuk mendapatkan hasil maksimal :
1.
Siapa konsumen digital saat ini, bagaimana
mereka melakukan interaksi dengan merek, platform apa yang digunakan, dan
bagaimana demografinya.
2.
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats).
3.
Analisis kompetitor.
4.
Lanskap kanal digital.
2. Objectives
(tujuan)
Pada tahapan ini berfokus terhadap
tujuan-tujuan yang terukur dan realistis yang ingin dicapai melalui strategi
yang akan dirumuskan dan dicapai. Penetapan strategi dengan menggunakan metode
5S. 5S adalah singkatan dari Sell, Serve, Speak, Save, and Sizzle. Pada akhir pelaksanaan
program marketing nantinya
akan mempermudah dalam tahap evaluasi karena sudah dibuat batasan-batasan
tujuannya (objectives).
3. Strategy
(strategi)
Cara mencapai suatu tujuan yang sudah
ditetapkan dan diketahui bersama. Perencanaan strategi akan menggunakan
metode STOP and SIT. STOP (Segment, Target Market, Online Value
Proposition (OVP), dan Positioning). Pembentukan strategi menggunakan
SIT (Sequence or Stage, Integration dan Tools.) Strategi-strategi
tersebutlah yang merupakan pedoman yang dijalankan untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
4. Tactics
(taktik)
Taktik merupakan penjabaran detail dari
langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sebuah
strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing. Untuk
mencapai tujuan tersebut, gunakan 7P Marketing Mix yang berfokus pada atribut-atribut
kunci yang perlu diperhatikan perusahaan untuk meraih tujuan. 7P Marketing Mix tersebut
adalah Product,
Price, Place, Promotion, People, Process, dan Partnerships.
5. Actions (aksi)
Pada tahap ini yaitu menjalankan taktik
yang telah dirumuskan dalam bentuk aksi yang terukur di lapangan market place yang sebenarnya.
Dapat dibuat berupa rangkaian proses kerja yang terstruktur dan terjadwal
berupa flow chart, gantt chart,
table activity based time.
6. Control
(kontrol)
proses control, merupakan tahapan untuk memeriksa atau
mengevaluasi secara berkala apakah action sesuai
tujuan perusahaan sudah berhasil atau belum maksimal. Perhatikan
taktik-taktik yang sudah ditetapkan dan lakukan kontrol saat melaksanakan semua
taktik tersebut. Hal ini juga dapat
disebut Key Performance Indicator (KPI).
Kesimpulan dari Digital Marketing itu
adalah untuk
mengetahui hal – hal apa saja yang bisa dijadikan content dalam membangun suatu
bisnis dalam suatu kewirausahaan itu sendiri serta juga melakukan kegiatan
berupa percobaan produk melalui strategi pemasaran dengan internet dan media
sosial berupa youtube, facebook, twitter, instagram agar lebih dikenal oleh
masyarakat khususunya bagi pengguna internet. Berdasarkan penjelasan paragraf
sebelumya, dapat disimpulkan bahwa seorang enterpreneur atau
pengusaha harus memiliki sifat-sifat entrepreneurship ketika
menjalankan usahanya. Tangguh dan gigih dalam menghadapi persoalan menjadi
modal utama agar usaha yang sedang dikembangkan berubah menjadi sesuatu yang
bisa diandalkan.
wah
BalasHapus