DIGITAL MARKETING

 Hallo sobat dunia kampus semoga kabar kalian semua sehat-sehat terus ya ohiya disini saya akan memberitahu dan sedikit menjelaskan mengenai " Digital Marketing " yuk simak dan baca baik-baik.

Terima kasih semuanya✌.

 DIGITAL MARKETING 

Pertama-tama disini akan menjelaskan perihal mengenai “ Digital Entrepreneurship ” nah apa sih yang dimaksud dengan Digital Entrepreneurship itu sendiri? Menurut kutipan dari Jean Claude Juncker‘ The internet and digital technologies are transforming our world digital technology has to be our future “ internet dan teknologi memang mengubah dunia dan pola pikir kita pada masa yang akan datang karna dengan adanya internet dan teknologi semuanya bisa berjalan semaksimal mungkin dengan kekuatan teknologi itu sendiri serta teknologi digital juga bisa membuat masa depan kita lebih maju karna adanya inovasi-inovasi baru. Jadi maksud dari Digital Entrepreneurship yaitu aktivitas berbisnis yang memiliki sifat kreatif, inovatif, keberanian, dan mampu bertahan dalam tantangan bisnis yang akan datang. Ada juga pengertian secara umum yaitu, proses kegiatan kreativitas dan inovasi yang didalamnya bisa menciptakan perubahan serta juga memanfaatkan peluang dari sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain serta memenangkan persaingan pada era global saat ini. Selain itu, Entrepreneurship ini dapat melihat peluang yang tepat serta mewujudkannya, biasanya seorang Entrepreneur memiliki jiwa Entrepreneurship, yaitu selalu bekerja keras, tidak mudah menyerah, dan menjunjung tinggi nilai kejujuran. Pada jaman yang semakin pesat ini kita sebagai anak muda dikalangan remaja baru harus bisa menggunakan teknologi sebaik mungkin sebagai mana di era ini banyak sekali peluang untuk berbisnis dengan teknologi yang ada salah sa atunya dengan Digital Entrepreneurship tersebut. Awal mula proses yang banyak dijalankan Digital Entrepreneurship yaitu dengan banyaknya pengguna internet dan media sosial yang tersedia seperti youtube, whatsapp, instagram,twitter dan facebook dll sehingga banyaknya pengguna teknologi smartphone dan teknologi lainnya menggunakan hal tersebut sebagai wadah ia berbisnis dalam menjalankan kewirausahaannya. 

Adapun beberapa data pada tahun 2019 tepatnya pada bulan januari terlihat sudah pada tahun itu total populasi di Indonesia 268.2 sementara pada tahun 2019 itu sendiri jumlah penduduk indonesia adalah 270,6 juta dan sebagian diantaranya sudah mengakses ataupun menetalisir penggunaan internet sebanyak 150.0 juta serta aktif bahwa dari 150.0 juta orang yang mengakses internet diantaranya menggunakan mobile social media users sebanyak 130.0 juta. Jadi hampir 80% banyaknya yang mengakses internet itu dengan menggunakan smartphone yang artinya dalam keseluruhan tersebut banyaknya orang yang menggunakan media sosial untuk ia pakai dalam tempat strategi pemasarannya melalui internet dan media sosial yang dipakai, melalui smartphone tersebut karna mengingat banyaknya konsumen yang menggunkan smartphone pasti sudah mengerti dengan adanya media sosial maka dari itu pentingnya pengguna internet pada era global saat ini dan seterusnya. Dan ada pula data pada tahun 2020 tepatnya bulan januari juga satu tahun setelah data dari 2019, januari 2020 terlihat pada saat itu ada  penambahan 1.1% populasi yang sebelumnya di tahun 2019 268.2 juta sehingga penambahan 2.9 juta pendudukan Indonesia kemudian penumbuhan pengguna mobile phone atau smartphone meningkat sebanyak 4.6% jadi lebih cepat pertumbuhan mobile phone dari pada pertumbuhan populasi, dan ada juga peningkatan mengakses internet pada tahun 2020 yaitu sekitar 17% dalam satu tahun belakangan tersebut serta ada juga penumbuhan media sosial menambah menjadi 8.1% atau sebanyak +12 juta orang yang semakin banyak menggunakan media sosial per-tahunnya. Dengan adanya peningkatan tersebut perlu diketahuai sisi positifnya sebagai Entrepreneur sebagai peluang yang ada serta mempertimbangkan media digital sebagian dari strategi pemasaran yang angka kenaikannya semakin naik disetiap tahunnya. 

Bisa dilihat juga average daily time spent using the internet via any device rata-rata orang yang ada di Indonesia menghabiskan atau menggunaan gadget/smartphone dalam mengakses internet tersebut kurang lebih yaitu 8 setengah jam dalam per-hari sehingga setengah hari kebanyakan orang menghabiskan waktunya dengan internet dan gadget itupun data yang terlihat pada 2019 mungkin di tahun 2021 semakin meningkat dalam penggunaanya ditambah semua orang 1 tahun kemarin tepatnya 2020 dengan adanya virus covid-19 menghentikan aktivitas yang sudah ada sebelumnya sehingga dengan adanya kondisi tersebut makin bertambah pesat peningkatan internet yang ada dan semakin banyaknya waktu yang dihabiskan dalam menggunakan internet maka dari itu disimpulkan internet sudah sebagian besar sudah mejadi kebutuhan utama bagi kehidupan dalam sehari-hari dalam melakukan aktivitas lainnya.Dari kutipan media sosial yang banyak digunakan, apa aja si yang ada didalam gadget/smartphone dari masing-masing pengguna media sosial tersebut? telah di data banyaknya yang digemari dari sebagian banyak aplikasi digital lainnya sebagian besar yaitu youtube, whatsapp, instagram, dan facebook dengan 4 media sosial tersebut aktif dalam strategi pemasaran yang baik dan pesat dalam penggunaanya karna kebanyakan orang sering meggunakan media tersebut di kesehariannya.

Dalam Digital Marketing membuat suatu produk kita lebih dikenal oleh sebagian banyaknya orang dan mampu berdaya saing. Adapun konsep dari Digital Marketing itu sendiri yaitu SOSTAC Marketing yang masing-masing ada arti dan tujuannya tersendiri.

1.    Situation analysis ( analisis situasi)

Bertujuan untuk menganalisa situasi dari proses pemasaran yang sedang berjalan pada suatu bisnis ataupun perusahaan. Pada tahap pertama ini bisnis yang sedang dijalankan ataupun suatu perusahaan berperan penting dalam mengumpulkan berbagai informasi dan data-data yang dibutuhkan mengenai keadaan internal dan eksternal sehingga tahu kondisi pasar sesungguhnya (market place). Untuk mencapai hal ini, dapat menggunakan metode berikut ini untuk mendapatkan hasil maksimal :

1.    Siapa konsumen digital saat ini, bagaimana mereka melakukan interaksi dengan merek, platform apa yang digunakan, dan bagaimana demografinya.

2.    Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats).

3.    Analisis kompetitor.

4.    Lanskap kanal digital.

 

 

2.    Objectives (tujuan)

Pada tahapan ini berfokus terhadap tujuan-tujuan yang terukur dan realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang akan dirumuskan dan dicapai. Penetapan strategi dengan menggunakan metode 5S. 5S adalah singkatan dari Sell, Serve, Speak, Save, and Sizzle. Pada akhir pelaksanaan program marketing nantinya akan mempermudah dalam tahap evaluasi karena sudah dibuat batasan-batasan tujuannya (objectives).

 

3.    Strategy (strategi)

Cara mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan dan diketahui bersama. Perencanaan strategi akan menggunakan metode STOP and SIT. STOP (Segment, Target Market, Online Value Proposition (OVP), dan Positioning). Pembentukan strategi menggunakan SIT (Sequence or Stage, Integration dan Tools.) Strategi-strategi tersebutlah yang merupakan pedoman yang dijalankan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

4.    Tactics (taktik)

Taktik merupakan penjabaran detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing. Untuk mencapai tujuan tersebut, gunakan 7P Marketing Mix yang berfokus pada atribut-atribut kunci yang perlu diperhatikan perusahaan untuk meraih tujuan. 7P Marketing Mix tersebut adalah Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Partnerships.

 

5.    Actions (aksi)

Pada tahap ini yaitu menjalankan taktik yang telah dirumuskan dalam bentuk aksi yang terukur di lapangan market place yang sebenarnya. Dapat dibuat berupa rangkaian proses kerja yang terstruktur dan terjadwal berupa flow chart, gantt chart, table activity based time. 

 

6.    Control (kontrol)

proses controlmerupakan tahapan untuk memeriksa atau mengevaluasi secara berkala apakah action sesuai tujuan perusahaan sudah berhasil atau belum maksimal. Perhatikan taktik-taktik yang sudah ditetapkan dan lakukan kontrol saat melaksanakan semua taktik tersebut. Hal ini juga dapat

disebut Key Performance Indicator (KPI).

 

Kesimpulan dari Digital Marketing itu adalah untuk mengetahui hal – hal apa saja yang bisa dijadikan content dalam membangun suatu bisnis dalam suatu kewirausahaan itu sendiri serta juga melakukan kegiatan berupa percobaan produk melalui strategi pemasaran dengan internet dan media sosial berupa youtube, facebook, twitter, instagram agar lebih dikenal oleh masyarakat khususunya bagi pengguna internet. Berdasarkan penjelasan paragraf sebelumya, dapat disimpulkan bahwa seorang enterpreneur atau pengusaha harus memiliki sifat-sifat entrepreneurship ketika menjalankan usahanya. Tangguh dan gigih dalam menghadapi persoalan menjadi modal utama agar usaha yang sedang dikembangkan berubah menjadi sesuatu yang bisa diandalkan.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewirausahaan Digital

" Thrifting shop "